Jumat, 11 Mei 2018 13:07 WITA

Awas, Maag dapat Picu Kurang Darah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Awas, Maag dapat Picu Kurang Darah

RAKYATKU.COM - Meskipun Maag atau gastritis menyerang lambung, dan sering disepelekan, ternyata penyakit ini bisa memicu terjadinya kurang darah.

Dirangkum dari Klik Dokter, mag adalah iritasi pada dinding lambung, yang secara normal berfungsi melindungi lambung dari asam dan kuman. Gejalanya dapat berupa perut terasa begah, kembung, mual-muntah, dan berkurangnya nafsu makan.

Jika tidak segera diatasi, jenis maag tertentu bisa memicu terjadinya kurang darah. Jenis mag yang dimaksud adalah:

1. Gastritis Erosif
Gastritis erosif merupakan mag yang disebabkan oleh perlukaan pada lapisan lambung. Nah, kondisi ini dapat menimbulkan perdarahan di lambung dan hilangnya darah dari tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan kurang darah. 

Salah satu gejala spesifik yang muncul pada kondisi ini adalah buang air besar berwarna kehitaman dan disertai darah. Konsumsi obat golongan antiinflamasi non-steroid (AINS), aspirin, alkohol, stres dan lain sebagainya diduga sebagai penyebab gastritis erosif.

2. Gastritis Atrofi
Gastritis atrofi terjadi akibat peradangan kronis pada lapisan lambung, yang menyebabkan hilangnya sel-sel dan kelenjar di lambung. Penyakit ini disebabkan oleh autoimun atau antibodi yang menyerang sel-sel sehat di lambung. 

Hal tersebut sangat mempengaruhi proses penyerapan vitamin B12. Nah, kurangnya penyerapan vitamin ini menyebabkan kurang darah atau dikenal dengan sebutan anemia pernisiosa.

Bagi Anda para penderita mag, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar tidak mengalami kurang darah. Pastikan Anda menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin, menjaga asupan nutrisi, istirahat cukup, dan jauhi stres mulai saat ini.