Kamis, 10 Mei 2018 13:17 WITA

Khasiat Berkumur Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Khasiat Berkumur Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

RAKYATKU.COM - Minyak kelapa mengandung asam laurat yang lebih efektif membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lemak lainnya, termasuk Mutans streptococcus, bakteri penyebab bau mulut, gigi berlubang, dan pembusukan gigi. 

Untuk itu, minyak kelapa memiliki khasiat bagi kesehatan gigi dan mulut. Dilansir dari Hello Sehat, manfaat tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Nigeria Medical Association yang menyatakan bahwa minyak kelapa juga mampu mengurangi penumpukan plak gigi dan melawan penyakit gusi. 

Penelitian ini meminta 60 orang yang memiliki radang gusi untuk rutin berkumur pakai minyak kelapa alami, sebuah teknik yang disebut oil pulling. Hasilnya, gejala radang gusi perlahan mereda setelah 7 hari rutin melakukan oil pulling, dan benar-benar berhenti 30 hari kemudian.

Penelitian lainnya melaporkan, rutin berkumur dengan minyak kelapa efektif mengikis lapisan plak gigi dan sekaligus mencegah pembentukan plak baru yang menyebabkan infeksi gusi.

Cara berkumur dengan minyak kelapa tidak sulit, hampir seperti menggunakan obat kumur pada umumnya. Masukkan satu sendok makan (sdm) minyak kelapa ke dalam mulut dan berkumur seperti biasa selama 15-20 menit. Pastikan juga untuk minyak bisa meraih sela-sela gigi dan gusi dengan bantuan lidah. Setelah itu, buang minyak kelapa, bilas dengan berkumur air putih, dan lanjutkan sikat gigi seperti biasa. Hasilnya akan lebih baik jika dilakukan setiap hari.