Selasa, 08 Mei 2018 08:31 WITA

Hindari Cotton Bud untuk Bersihkan Telinga, Ini Bahayanya

Editor: Andi Chaerul Fadli
Hindari Cotton Bud untuk Bersihkan Telinga, Ini Bahayanya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Departemen THT UMI dr Baso mengatakan menggunakan Cotton Bud untuk membersihkan telinga sangat tidak diperbolehkan. Ini dapat menimbulkan trauma pada gendang telinga dan membuat gendang telinga robek.

"Sangat tidak dianjurkan, misalnya saja ketika seseorang sedang asik membersihkan telinga dengan cotton bud, Kapas yang berada di ujung batang juga bisa menyentuh gendang telinga, dan bisa juga kapas tersebut tinggal di dalam lubang telinga.

dr. Baso menambahkan untuk membersihkan telinga dengan cotton buds bisa digunakan di bagian luarnya saja, jangan masuk ke dalam lubang telinga. "lebih baik pakai tissu yang di gulung ujungnya, daripada mengoreknya dengan cotton bud. Jadi caranya ujung tissu itu dililit, untuk membersihkan, tidak untuk mengeluarkan kotoran dalam telinga".

"Kotoran telinga itu harus di keluarkan melalui spolling atau ekstraksi, jika kotorannya keras maka harus menggunakan tetes telinga. Kemudian harus ditangani oleh tenaga dokter. Tenaga perawat yang tidak terlatih tidak bisa melakukannya karena ada teknik khusus untuk pengambilan kotoran dalam telinga. Untuk membersihkan telinga bisa juga dengan tissu," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, gendang telinga merupakan bagian yang tersusun dari tulang rawan. Sehingga, bagian ini mudah berlubang dan pecah jika bergesekan dengan benda dari luar. Ia berfungsi untuk menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pendengaran di dalam telinga tengah.

Tags